1. Sebutkan Definisi
a. Pengertian Sistem
b. Pengertian Informasi
c. Pengertian Sistem Informasi
Dari Ketiga Diatas Buatlah Definisi Menurut 3 ahli masing-masing?
Dari Ketiga Diatas Buatlah Definisi Menurut 3 ahli masing-masing?
2. Sebutkan Data apa saja yang digunakan dan sebutkan informasi apa saja yang dihasilkan dalam:
a. PSI akademik pada sebuah Penguruan
tinggi
b. PSI pelayanan pasien pada sebuah
RS
c. PSI Penjualan pada online
3. Sebutkan komponen" apa saja yang dibutuhkan dalam:
a. PSI akademik pada sebuah Penguruan
tinggi
b. PSI pelayanan pasien pada sebuah
RS
c.
PSI Penjualan pada online
4. Jelaskan
definisi dari analisa sistem ?
5. Sebutkan
langkah-langkah dan komponen-komponen dalam tahapan analisa sistem sampai
dengan membuat laporan hasil analisis ?
6. Apa
yang dimaksud dengan desain sistem dan sebutkan tujuan didalam desain sistem
tersebut ?
7. Jelaskan
faktor-faktor organisasi yang harus diperhatikan dalam melakukan desain sistem
?
a. Definisi Sistem
Sistem adalah kumpulan unsur-unsur yang saling
berinteraksi satu dengan yang lain untuk menghasilkan tujuan.
Sedangkan pengertian sistem menurut para ahli adalah
sebagai berikut:
1.Menurut LUDWIG
VON BARTALANFY
Sistem
merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi
diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
2. Menurut ANATOL RAPOROT
2. Menurut ANATOL RAPOROT
Sistem adalah suatu kumpulan
kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
3. Menurut L. ACKOF
3. Menurut L. ACKOF
Sistem adalah setiap kesatuan secara
konseptual atau fisik yangterdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling
tergantung satu sama lainnya.
b. Definisi Informasi
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi
penerimanya.
Pengertian informasi menurut beberapa para ahli adalah sebagai berikut :
1. Abdul Kadir , mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa
sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data
tersebut.
2. Azhar Susanto, dalam bukunya
Sistem Informasi Akuntansi, menyatakan bahwa informasi adalah hasil pengolahan
data yang memberikan arti dan manfaat.
3. Burch dan Strater menyatakan bahwa informasi adalah pengumpulan
atau pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan.
c. Definisi Sistem
Informasi
Sistem Informasi adalah suatu
sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan
transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi
dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan
yang diperlukan.
Definisi Sistem Informasi menurut
beberapa para ahli adalah sebagai berikut :
1. Menurut Mc Leod, Sistem Informasi merupakan sistem
yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan
menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi
2. Menurut Tata Sutabri, S.Kom., MM, Sistem
informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang
bersifat manajerial dalam kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat
menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang
diperlukan.
3. Menurut Erwan Arbie, Sistem informasi adalah sistem di dalam suatu
organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, membantu
dan mendukung kegiatan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan
membantu mempermudah penyediaan laporan yang diperlukan.
2. a. PSI akademik
pada perguruan tinggi
Data yang
dibutuhkan :
1. Data Program
Studi
2. Data Dosen
3. Data Mahasisa
4. Data Kurikulum dan Kalender Akademik
5. Data Mata Kuliah disetiap Kurikulum
6. Data Nilai
7. Data Keuangan dan Administrasi
Mahasiswa
Informasi yang dihasilkan :
1. Absensi
Mahasiswa
2. Kartu
Rencana Studi (KRS)
3. Kartu Hasil
Studi (KHS)
4. Transkrip
Nilai
b. PSI pelayanan pasien pada Rumah Sakit
Data yang dibutuhkan :
1. Data Pasien (
pasien baru dan lama) (rawat inap dan rawat jalan)
2. Data Dokter
3. Data Obat
4. Data Ruangan
5. Data Peralatan Medis
Informasi yang dihasilkan terdiri dari:
- Laporan pasien rawat jalan, rawat inap dan MCU (Medical Chek Up)
- Laporan dan pengolahan data sosial pasien
- Laporan nama dan jumlah obat yang dikomsumsi per pasien rawat inap.
- Laporan total biaya obat dan biaya inap per pasien rawat inap.
- Laporan pemakaian obat
- Laporan hasil medis (diagnosa, tindakan dan terapi)
- Laporan internal (pada pihak manajemen)
c. PSI penjualan
online
Data yang digunakan :
1. Purchase Order (PO) Supplier
2. Purchase Order Pembeli
3. Invoice dan pembayaran
4. Surat Jalan
Informasi yang dihasilkan :
1. Laporan
stock barang
2. Laporan
hasil order barang
3. Laporan
penjualan
4. Laporan data
customer dan alamat pengiriman.
3. Komponen-komponen
yang dibutuhkan dialam perancangan sistem informasi :
a. Perangkat
keras ( Hardware)
Perangkat
keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa
dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang
berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware
dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang
juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Hardware
memiliki komponen pokok yaitu :
·Input
·Pemrosesan
(CPU)
·Penyimpanan
·Output
b. Perangkat
lunak (Software)
Jika
perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh
manusia, maka software atau perangkat lunak tidak dapat disentuh dan
dilihat secara fisik..
Software
adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi
yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak
inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Perangkat
Lunak dibagi menjadi 3 :
1. Sistem
operasi, seperti sistem manajemen data yang memungkinkan pengoperasian
sistem komputer, contohnya windows
2. Bahasa
pemrograman (programming language) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk
merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki
oleh bahasa program itu sendiri contohnya Pascal, Dhelpi, Java dll
3. Program
aplikasi, yg terdiri atas program yang secara spesifik dibuat untuk setiap
aplikasi sesuai dengan tujuan pembuatnya. Contohnya program aplikasi pengolah
kata, pengolah angka, pengolah grafis, pembuat presentasi, dan multimedia.
c. DataBase (Basis
Data)
Database
berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit
organisasi, dimana database mempunyai kecenderungan berkembang
sejalan dengan perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan
bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga akan semakin
bertambah.
Tujuan
utama dari data base adalah:
1.
Menghindari pengulangan data (redudansi)
2. Mencapai
indepedensi data (kemampuan untuk membuat perubahan dalam stuktur data tanpa
membuat perubahan pada program yang memproses data.
d. Prosedur
pengoperasian
Prosedur
merupakan komponen fisik karena prosedur disediakan dlm bentuk fisik seperti
buku panduan & instruksi, terdiri dari 3 jenis prosedur
1. Instruksi
untuk pemakai, cara yang diperlukan bagi pemakai untuk mendapatkan informasi
yang akan digunakan
2. Instruksi
penyiapan data sebagai input
3. Instruksi
operasional
e. Personalia
pengoperasian
1. Operator
2. Programmer
3. Analisa
sistem
4. Personalia
penyiapan data
5. Koordinator
operasional SIM dan pengembangannya
4. analisis sistem adalah sebuah istilah yang secara
kolektif mendeskripsikan fase fase awal pengembangan sistem. Analis sistem
adalah teknik pemecahan masalah yang menguraikan bagian bagian komponen dengan
mempelajari seberapa bagus bagian bagian komponen tersebut bekerja dan
berinteraksi untuk mencapai tujuan mereka, analis sistem merupakan tahapan
paling awal dari pengembangan sistem yang menentukan keberhasilan
5.Langkah-langkah dalam tahapan
analisa sistem :
1.
Mengidentifikasi Masalah (Identify)
Ada
tiga langkah yang harus dilakukan didalam tahapan ini yaitu :
1.
Mengidentifikasi Penyebab Masalah
2.
Mengidentifikasi Titik Keputusan
3.
Mengidentifikasi Personil-Personil Kunci
2.
Memahami Kerja dari Sistem yang Ada (Understand)
Dapat
dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana sistemyang ada
beroperasi. Untuk mempelajari operasi dari sistem ini diperlukan data yang
dapat diperoleh dengan cara melakukan penelitian :
1.
Menentukan jenis penelitian
2.
Merencanakan jadwal penelitian
3.
Membuat penugasan penelitian
4.
Membuat agenda wawancara
5.
Mengumpulkan hasil penelitian
3.
Menganalisis Hasil Penelitian (Analyze)
Langkah
ini dilakukan berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian yang
telah dilakukan. Kita dapat menganalisis :
1.
Kelemahan dari sistem lama tersebut
2.
Kebutuhan informasi bagi pemakai sistem dan pihak manajemen
4.
Membuat Laporan Hasil Analisis (Report)
Isinya
adalah :
1.
Alasan melakukan analisis sistem
2.
Menguraikan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada sistem lama
3.
Mengidentifikasi penyebab masalah
4.
Mengidentifikasi titik keputusan
5.
Menguraikan penelitian yang dilakukan
6.
Menguraikan hasil analisis
7.
Kesimpulan analisis
6.
Apa yang dimaksud dengan desain system dan sebutkan tujuan didalam
desain system tersebut ?
Desain
system dapat didefinisikan sebagai “ tahap setelah analisis dari siklus
pengembangan system “:pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional dan
persiapan untuk rancang bangun implementasi”menggambarkan bagaimana suatu
system dibentuk”
TUJUAN DESAIN
1. Untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai
sistem
2. Untuk memberikan gambaran yg jelas & rancang bangun yg
lengkap kpd pemrogram komputer & ahli-ahli teknik yg lain, yg terlibat
7.Faktor-Faktor Organisasi
1.
Sifat Organisasi, untuk mengidentifikasi dan memahami kebutuhan informasi bagi suatu
organisasi yang tertentu, pertama kali yang perlu dipahami adalah sifat
organisasi.
2.
Tipe Organisasi, dapat dikategorikan sebagai berikut :
1.
Organisasi Fungsional , yaitu setiap manager bertanggung jawab untuk area
fungsi tertentu, misal produksi, marketing dll.
2.
Organisasi Divisional, yaitu tiap-tiap manager divisi bertanggung jawab
terhadap semua fungsi dalam divisinya.
3.
Organisasi Matrik, yaitu beberapa manager mempunyai tanggung jawab bersama
terhadap suatu fungsi dalam suatu proyek.
Untuk
masing-masing tipe organisasi ini, satu dengan yang lainnya kebutuhan
informasinya juga berbeda.
3.
Ukuran Organisasi, semakin besar ukuran organisasi, semakin banyak informasi
yang dibutuhkan.
4.
Struktur Organisasi, juga merupakan faktor yang mempengaruhi kebutuhan
informasi. Contohnya : tanggung jawab terhadap manajemen persediaan dapat
berada pada tanggung jawab departemen produksi disuatu organisasiatau dapat
berada pada tanggung jawab departemen pembelian pada organisasi yang lain. Pada
departemen produksi biasanya membutuhkan informasi mengenai ketersediaan
persediaan, perputaran persediaan dan kualitasnya. Sedangkan pada departemen
pembelian lebih membutuhkan informasi mengenai harga dan pemasok.
5.
Gaya Manajemen, terdapat 2 gaya manajemen tersebut, yaitu :
1.
Gaya manajemen yang Otokratik lebih senang dengan sistem informasi yang
terpusat (centralized).
2.
Gaya manajemen yang Demokratiklebih senang dengan sistem informasi yang
tersebar ( decentralized)
Komentar
Posting Komentar